Skip to main content

Jakarta, 8 Agustus 2024 — Perkembangan properti di Indonesia pada semester kedua tahun 2024 terus menunjukkan tanda-tanda optimisme dari para pengembang, meskipun tetap ada tantangan yang perlu dihadapi. Di lain sisi, investasi di sektor properti masih dianggap sebagai pilihan yang aman di tengah ketidakpastian global, terutama dengan tingginya inflasi dan volatilitas pasar finansial.

Samuel Jason, Marketing and Sales Director Central Group dalam malam penghargaan Golden Property Awards 2024 yang digelar pada Rabu, 07 Agustus 2024, memberikan pandangannya mengenai pasar properti tahun ini yang akan berakhir dalam beberapa bulan mendatang. Ia menyebutkan, usai pemilu pasar properti Tanah Air telah dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan positif.

Booming properti masih yet to come. Namun pada kenyataannya apakah lebih baik daripada tahun sebelumnya, jelas iya. Apalagi untuk proyek-proyek dari Central Group juga mengalami penjualan yang bagus dan serah terima unit berjalan dengan lancar. Begitu juga revenue-nya juga bertambah banyak, sehingga ini jadi salah satu bukti sektor real estat di Indonesia memang sedang berjalan di jalur yang lebih baik,” terang Jason.

Prediksi sektor properti menuju booming sejatinya didasarkan pada beberapa faktor. Menurut Jason, salah satunya adalah dampak dari kebijakan yang digerakkan Pemerintah. Diakui Pemerintah sudah semakin memperlihatkan fokusnya terhadap industri yang memiliki lebih dari 150 industri turunan ini. Faktor pendukung lainnya adalah diperbolehkannya orang asing membeli properti di Indonesia dan rencana hadirnya Kementerian Perumahan.

“Dan untuk kedepannya ada Kementerian Perumahan yang selama ini perumahan digabungkan dengan pekerjaan umum. Semoga dengan adanya kementerian yang fokus pada perumahan atau residensial, akan mendorong regulasi-regulasi yang mungkin selama ini agak terhambat,” imbuhnya.

Selanjutnya faktor-faktor seperti pemulihan ekonomi, investasi asing, dan pengembangan infrastruktur dianggap ikut memberikan dorongan kuat bagi pasar properti. Namun, ada satu faktor penting lainnya yang tidak boleh diabaikan dan diprediksi bisa menjadi pendorong utama dari booming properti, yakni bertambahnya orang kaya baru di dalam negeri.

“Mengutip Boston Consulting Group, orang kaya baru di Indonesia itu jumlahnya hampir mencapai 100 juta orang. Orang kaya baru itu seperti apa? Artinya anak-anak yang baru lulus sekolah, lulus kuliah, mereka sudah mulai kerja dan sudah mendapatkan uang. Ketika mereka punya uang pastinya mereka butuh hunian,” kata Jason.

Ia melengkapi, “Nah, ini juga menjadi segmen market yang kami rasa teman-teman pengembang nasional di kota-kota besar, kota-kota secondary, maupun kota ketiga juga sedang melihat situasi ini sekarang. Termasuk kami di Central Group tengah fokus membidik segmen ini.”

Gaet Penghargaan untuk Proyek Hunian Terbaik

Sebagai pengembang ternama dan pionir di Batam, Central Group yang telah membangun lebih dari 6.600 unit hunian kembali menoreh penghargaan. Dalam ajang Golden Property Awards: The People’s Choice 2024 yang diselenggarakan oleh Rumah123 dan Indonesia Property Watch (IPW), Central Hills yang merupakan proyek unggulan dari Central Group sukses dinobatkan sebagai pemenang kategori Best Choice Housing Project Batam and Surrounding.

Central Hills dinilai layak menerima penghargaan atas kategori tersebut lantaran menjadi kawasan hunian dengan konsep smart integrated township pertama di Batam seluas 55 hektare, yang dilengkapi sejumlah fasilitas lengkap seperti commercial area, spot culinary, health & education center, serta keunggulan lainnya yang menjadikannya proyek ini unik dan istimewa.

Tak hanya berbekal fasilitas memadai, salah satu daya tarik utamanya adalah lokasi yang strategis. Hanya dalam waktu 10 menit, penghuni dapat mencapai rumah sakit terdekat, sekolah, pasar dan Bandara Internasional Hang Nadim. Aksesibilitas yang mudah ke berbagai sarana penting ini membuat Central Hills menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang menginginkan kehidupan nyaman dan praktis.

Pasca menerima penghargaan, Jason mengungkapkan bahwa penghargaan yang kembali diraih ini tak hanya mampu menjadi kebanggaan bagi Central Hills, melainkan turut mencerminkan kepercayaan dan dukungan penuh dari masyarakat luas. “Kami merasa sangat diapresiasi, apalagi penghargaan ini mencakup kancah nasional sehingga tentunya ini menjadi satu dorongan juga bagi industri real estat ke depannya,” ujarnya.

Bersamaan dengan kegembiraan tersebut, Central Group baru saja melakukan presale untuk klaster terbaru di Central Hills yakni Clover Hills. Hadir dengan konsep Live Colorfully on Z Living, Clover Hills akan membawa penghuninya hidup lebih berwarna dengan berbagai fasilitas dan keunggulan premium seperti akses langsung dari jalan utama, one gate system, playful ground, greenery area, dan sport area yang dapat mendukung aktivitas serta gaya hidup penghuninya.

“Clover Hills ini adalah salah satu project di dalam kawasan Central Hills yang kami khususkan untuk Gen-Z. Kami teliti betul dari segi fungsinya, unitnya, dan ukurannya, sehingga sesuai dengan target pasar tersebut. Termasuk soal pembayaran, kami buat sefleksibel mungkin agar para Gen-Z bisa lebih leluasa. Lalu untuk KPR, kami kerja sama dengan beberapa bank ternama dan menghadirkan bunga mulai dari 4%,” pungkas Jason.

Leave a Reply